Pencarian

TERANSLIT

Jumat, 10 April 2009

Naat dan Man’ut

Mukadimah


Imam Asy-Syafi’i mengatakan, Manusia menjadi buta agama, bodoh dan selalu berselisih paham lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konsep Aristoteles. (Siyaru A’lamin Nubala, 10/74.)

Itulah ungkapan Imam Syafi’i buat umat, agar kita jangan memarginalkan bahasa kebanggaan umat Islam. Seandainya sang imam menyaksikan sikap umat sekarang ini terhadap bahasa Arab, tentulah keprihatinan beliau akan semakin memuncak.

Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam keunggulan bahasa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinya untuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.

Di masa lampau, bahasa Arab sangat mendapatkan tempat di hati kaum muslimin. Ulama dan bahkan para khalifah tidak melihatnya dengan sebelah mata. Fashahah (kebenaran dalam berbahasa) dan ketajaman lidah dalam berbahasa menjadi salah satu indikasi keberhasilan orang tua dalam mendidik anaknya saat masa kecil.
Redupnya perhatian terhadap bahasa Arab nampak ketika penyebaran Islam sudah memasuki negara-negara ‘ajam (non Arab). Antar ras saling berinteraksi dan bersatu di bawah payung Islam. Kesalahan ejaan semakin dominan dalam perbincangan. Apalagi bila dicermati realita umat Islam sekarang pada umumnya, banyak yang menganaktirikan bahasa Arab. Yang cukup memprihatinkan, para orang tua kurang mendorong anak-anaknya agar dapat menekuni bahasa

BAB I
Naat dan Man’ut
ﺍﻟﻨﻌﺕ ﻮﺍﻟﻣﻧﻌﻭﺕ ) )
Definisi


ﭐﺂڼعٿ لغۃ ۅصف الشئ بما ھو فيھ وھو من اڶټوابع الخمسۃ
واﺻﭠﻠاﺤاﮟ ﮪو اﻠﭞاﺐﻊ اﻠﺬﻱ ﯾﭠﻤﻢ ﻤﭠﺑوﻋﮫ ﺑﺑﯾاﻦ ﺼﻔاﺓ ﻤﻥ ﺻﻔاﭠﮫ ﻨﺤﯡ ﻤﺮﺭﺖ ﺒﺮﺠﻝ ﻜﺭﯾﻢ اﯡ ﺒﺻﻓاﺓ ﯾﺗﻌﻠﻕ ﺒﮫ ﻧﺤﯡ ﻣﺭﺮﺖ ﺑﺭﺠﻞ ﻜﺮﯿﻢ ﺍﺑﯡﮦ
Menurut bahasa naat adalah menerangkan suatu sifat.
Sedangkan menurut istilah naat adalah isim tabi’yang menerangkan sifat dari lafadz yang diikutinya.semisal contohnya Budi anak yang rajin,kata rajin pada contoh ini dinamakan naat sedangkan budi dinamakan man’ut.
Contoh: ﻜﺮﯿﻢ ﺑﺮﺟﻞ ﻣﺭﺮﺖ
Artinya saya bertemu seorang laki2 muliya.
ﻣﺭﺮﺖ :adalah fiil madi yang bertemu dengan domir rofa’hukumnya adalah mabni sukun.
ﺑﺮﺟﻞ :adalah man’ut,I’robnya adalah jer karna kemasukan huruf jer ba’.
ﻜﺮﯿﻢ :adalah na’at I’robnya adalah jer karna mengikuti man’ut.
ﺍﺍﻧﻌﺖ ﺘﺍﺑﻊ ﻟﻠﻤﻨﻌﻭﺖ ﻓﻲ ﻭﺍﺤﺪ ﻤﻦ ﻋﺷﺭﺓ ﻭﻻ ﺘﺠﺗﻤﻊ ﻜﻟﮭﺍ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﻭﺍﺤﺪ ﺍﻵ ﺍﺮﺑﻌﺔ 
ﺍﻻﻮﻝ ﻤﻦ ﺍﻮﺠﻪ ﺍﻻﻋﺮﺍﺐ ﺍﻠﺛﻟﺍﺛﺔ ﻮﮬﻮ ﺍﻠﺮﻓﻊ ﻮﺍﻠﻧﺻﺐ ﻮﺍﻟﺤﻓﺽ ﻭﺍﻟﺛﺍﻧﻲ ﻓﻲﻺﻓﺮﺍﺩ ﺍﻭﻟﺗﺛﻧﻳﺔ ﺍﻭﺍﻟﺠﻣﻊ ﻭﺍﻟﺛﺍﻟﺚ
ﻓﻲﺍﻟﺗﺬﻛﻳﺮ ﺍﻭﺍﻟﻣﺆﻨﺚ ﻭﺍﻟﺮﺍﺑﻊ ﻓﻲﺍﻟﺗﻨﻜﯾﺮ ﺍﻭﺍﻟﻣﻌﺮﻓﺔ
Na’at mengikuti man’ut dalam beberapa hal:
1.dalam hal I’rob
Yaitu I’rob rofa’irob nasob dan irob jer.
2.dalam mufrod ,tasniah dan jama’.
3.didalam muzdakar dan muannas.
4.didalam ma’rifat dan nakiroh.

Catatan: dalam I’rob naat harus mengikuti manut,apabila manut rofa’naat harus dirofa’bila man;ut nasob naat harus dinasob,bila man’ut dijer naat pun harus dijer.begitupun juga apabila man’ut mufrod na’at harus mufrod,bila man;ut tasniah na;at harus tasniah,bila man’ut jama’na’at harus jama’dan jika man’ut muzakar na’at harus muzakar,bila man’ut muanas na’at pun harus muanas,bila man;ut ma’rifat na;at juga ma’rifat,bila na’at nakiroh naat juga harus nakiroh.
Selanjutnya akan kami berikan contoh2nya.
I’Rob (berubahnya akhir kalimah karna berbeda bedanya amil yang masuk)
 Rofa’:ﺠﺍﺀ ﺰﯾﺫ ﻜﺭﯾﻢ
o ﺍﺠﺍﺀ:adalah fiil madi mabniyun alal fatkhi.
o ﺯﻳﺫ:adlah man’ut dirofa’ karna menjadi fail tandanya adalah dhommah.
o ﻛﺭﻳﻢ:adalah na;at dirofa’karna mengikuti man’ut
 Nasob :ﺭﺍﯾﺖ ﺯﯾﺫﺍ ﻋﺍﻟﻤﺍ
o ﺭﺍﻳﺕ:adalah fiil madi mabni sukun karna bertemu dengan domir rofa.
o ﺯﻳﺫﺍ:adalah man’ut dinasob karna menjadi maf;ul bih tandanya adalah fatha
o ﻋﺍﳌﺍ:adalah na’at dinasob karna mengikuti man’ut.
 Jer : ﻓﻗﯾﮫ ﺑﺰﯾﺫ ﺍﻤﺭﺭﺖ
o ﻣﺭﺭﺕ:adalah fiil madi mabni sukun karna bertemu dengan domir rofa’tandanya adalah kasroh.
o ﺑﺯﻳﺫ:adalah man’ut dijer karna kemasukan huruf jer yaitu ba;
o ﻓﻗﻳﻪ:adalah na’at dijer karna mengikuti man’ut.
 .Mufrod: ﻋﺍﺮﻴﻑ ﺍﺴﺗﺍﺬ ﺟﺍﺀ
Artinya :telah datang seorang ustad yang arif
 .tasniah: ﺍﻟﻌﺍﻟﻣﺍﻦ ﺯﻳﺬﺍﻦ ﺠﺍﺀ
Artinya :dua zaid yang berilmu teleh datang
 jama’ : ﺍﻟﺼﺍﻟﺤﻭﻦ ﺍﻟﻣﺴﻟﻣﻭﻦ ﺠﺍﺀ
artinya :kaum muslimin yang soleh telah datang
 muzdakar: ﺻﺍﻟﺡ ﻮﻟﺪ ﻋﻟﻲ
Artinya :ali anak yang pandai
 muanas : ﺍﻟﻌﺍﻟﻣﺔ ﮪﻧﺩ ﺖ ﺠﺍﺀ
Artinya :hindun yang berilmu teleh datang
 Ma’rifat: ﺍﻟﺻﺍﺑﺭ ﺍﻟﺭﺠﻭﻝ ﻋﻣﺭﻭ
Artinya :umar laki laki sabar
 Nakirah : ﻋﺍﻘﻝ ﺭﺠﻝ ﺠﺍﺀ
Artinya :laki laki berakal telah datang.
ﻭﺍﻟﻣﻌﻔﺔ ﺧﻣﺸﺔ ﺍﺸﯾﺍﺀ ﺍﻸﺴﻡ ﺍﻟﻣﺿﻣﺮﻧﺤﻭ ﺍﻧﺍﻭﺍﻧﺗﺍ ﻭﻸﺴﻡﺍﻟﻌﻟﻡﻧﺤﻭ ﺯﻴﺬ ﻭﻣﻜﺔ ﻭﻸﺴﻡ ﺍﻟﻣﺑﮭﻡ ﻧﺤﻭﮪﺬﺍﻭﮪﺬﮦ
ﻭﻸﺴﻡﺍﻟﺬﯤ ﻓﯿﻪ ﻸﻟﻒ ﻭﻼﻡ ﻧﺤﻭﺍﻟﺮﺠﻝ ﺍﻟﻐﻟﺍﻡ ﻭﻣﺍﺍﻀﻴﻔﺍﺍﻟﻲﻲﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦﻫﻨﻩﻸﺮﺒﻌﺔ ﻭﺍﻠﻧﻜﺮﺓ ﻜﻝﺍﺴﻡ ﺸﺍﺀﻊ
ﻓﻲﺠﻧﺴﻪ ﻻﻴﺨﺗﺺ ﺒﻪ ﻮﺍﺤﺪ ﺩﻮﻥ ﺍﺨﺮ ﻮﺗﻗﺮﻴﺒﻪ ﻛﻝ ﻤﺍ ﺼﻟﺡ ﺩﺨﻮﻝﺍﻻﻟﻒ ﻮﻼﻢ ﻋﻠﻳﻪ ﻨﺤﻮﺍﻠﺮﺟﻞ ﻮﺍﻠﺮﺠﻝ
Isim marifat itu ada lima a.isim mudmar(ana waanta)b.isim alam/nama(zaidun ,makah)c.isim mubham,isim isaroh(hada ,hadihi,aladi)d.isim yang kemasukan al(algulamu)e.kalimah yang di idofahkan salah satu empat diatas.
Isim nakiroh adalah isim mau menerima al tarif.lebih jelasnya ini dijelaskan dalam bab marifat nakiroh.
Catatan :na;at dalam b indonesia biasa disebut dengan keterangan sifat
Man’ut adalah orang atau benda yang yang disebutkan sifatnya.
ﺍﻟﺠﺪﻳﺪ ﺍﻟﻜﺘﺍﺏ ﺍﺷﺗﺭﻳﺕ
Saya membeli buku baru,kata baru(ﺍﻟﺠﺪﻳﺪ) disamping adalah na’at,
Kata buku(alkitaaba)adalah man’ut.






Penutup

Bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam dan bahasa Al-Qur’an, seseorang tidak akan dapat memahami kitab dan sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan Bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap permasalahan agama.
Sungguh sangat ironis dan menyedihkan, sekolah-sekolah dinegeri kita, bahasa Arab tersisihkan oleh bahasa-bahasa lain, padahal mayoritas penduduk negeri kita adalah beragama Islam, sehingga keadaan kaum muslimin dinegeri ini jauh dari tuntunan Alloh Ta’ala dan Rasul-Nya.
Maka seyogyanya anda sekalian wahai penebar kebaikan… mempunyai andil dan peran dalam memasyarakatkan serta menyadarkan segenap lapisan masyarakat akan pentingya bahasa Al Qur’an ini, dengan segala kemampuan yang dimiliki, semoga Allah menolong kaum muslimin dan mengembalikan mereka kepada ajaran Rasul-Nya yang shohih. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Alloh Ta’ala. Segala puji hanyalah bagi Alloh Tuhan semesta alam.











Daftar pustaka

Sonhaji Iman,Matan jurniah
Sofwan Solihuddin,Makosidun Nahwi jus tsani :2002
Anwar Muhammad,Ilmu Nahwu,1992

Tidak ada komentar:

SMS Onlain Geratis

Syarat dan Kondisi menurut SMS ONLAIN GERATIS(http://sms-online.web.id) * Dilarang keras mengirim sms penipuan, asusila, atau segala bentuk aktifitas yang bertentangan dengan hukum positif di Indonesia. * Isi sms adalah diluar tanggung jawab penyelenggara sms-online.web.id * Penyelenggara sms-online.web.id tidak menjamin bahwa sms pasti sampai ke tujuan, namun status pengiriman dapat dilihat sendiri pada halaman INBOX & STATUS. * Penyelenggara sms-online.web.id berhak menghapus sms anda agar tidak terkirim tanpa harus menjelaskan alasannya.