Pencarian

TERANSLIT

Kamis, 09 April 2009

metode setudi islam

A.Pengertian

Metode berasal dari bahasa yunani Methodos yang berarti cara atau jalan.
Setudi islam ialah penbelajaran atau pengajian terhadap islam.
Batasan setudi islam maksudnya idalah islam sebagai Agama dan sebagai ilmu , dalam hal ini mencakup masalah-masalah yang terkait ajaran islam, peraktek islam,dan hasil pemikiran umatislam.
B. OBJEK KIAJIAN
Objek kajian setudi mislam meliputi:
1.Norma-norma yang terdapat dalam sumber Ajaran islam,Hasilnya adalah pengetahuan agama biasanya di ajarkan di sekolah diniyah.
2.Ajaran islam yang di peraktekkan dalam sejarah kehodupan manusia, hasilnya adalah setudi islam biasanya di ajarkan di sekolah Madrasah ibtidayah sampai I.A.I.N
3.pengetahian yang di hasilkan umat islam yang dibangun atas arahan nilai-nilai islam yang meng hasilkan SAINS islam biasanya di ajarkan di universitas islam.
Ada dua istilah di objek setudi islam yang pertama islam Normatif ialah suatu kajian yang meng hasilkan Hight Tradition yaitu mengutamakan keseragaman pemahaman yang biasanya di sebut Ortodoksi maksudnya pemahaman terhadap ajaran islam yamg seharusnya.
Dua islam historis ialah suatu kajian yang menghasilkan Low Tradisyen menampakkan keragaman dalam peraktek berAgama dengan cara melihat Aplikasi realitas kehidupan.
C.METODE MEMAHAMI ISLAM
1.Menurut syariat
a.pendekatan komparasi artinya meman dingkan antara Agama Islam dengan Agama lain.
b.Pendekatan aliran yaitu dengan cara melalui aspek kehidupan masing-masing ,karena islam itu melalui aspek kehidupan.
2.Menurut Nasyarudin Razak
a. islam di pelajari dari sumber aslinya
b.islam harus dipelajari secara Intergral, suatu kesatuan yang utuh ,Tidak parsial.
c.islam dipelajari dari perpustakaan yaitu dari ulama-ulama besar islam.
3.Menurut Mukti Ali
a.pendekatan sintesis yaitu menggabungkan pemahaman islam dengan metode ilmiyah.
b.pendekatan Tipologi bedasarkan topik atau tema-tema sejenis.
D.PERKEMBANGAN SETUDI ISLAM
1.Perkembangan Setudi Islam di Dunia Islam
Islam mendorong umatnya untuk memperdalam ilmu pengetahuan(Q.S AL-Zajalah:11)dan hadits riwayat imam muslim.
a.Pada masa Rasulullah
teranspormasi ilmu melalui teradisi lisan Rasul meletakkan bibit pengembangan setudi islam Terutama Tafsir dan Usul Fiqih. Kajian awal /fase Mekah difokuskan pada penataan sistem sosisl.
b.Masa pascaRasulullah wafat
Mulai muncul teradisi literer dimulai dari pemgumpulan AL-Qur’an terjadi pada masa dinasti Umiyah telah mulai dilakukan pengumulan hadits .
Para muhaditsin menyusun kereteria ilmiyah bagi penerimaan haditsan dengan kata gori Sahih,Hasan,dan Daif
Muncul pusat –pusat intelektual islam seperti di:
o Hijas :Madinah
o Khufa dan Basyirah : di Irak
o Syiria
Puncaknya setudi islam pada dinasti Abasiyah yaitu setudi islam di kembangkan meliputi ilmu Normatif islam yang bersumber pada teks Agama , dan ilmu yang berbasis realitas emperic.
Ilmu yang berbasis Rasionalitas dan yang bersih realitas enperic.
Ilmu ini berkembang akibat kontak yunani ,persia dan india ini terjadi pada masa daulah Abassiyah di terjemahkan kedalam bahasa Arab .
a).Macam ilmu
a.ilmu astronomi yang mempelopori Ashari Albasari
b.Ilmu astologi tokohnya adalah Abu Maksyar
c.Matematika tokohnya adalah Mihamad Ibnu Musa Al khawarisni
d.Kimia Tokohnya adalah Jabir Ibnu Kaiyan
e.Kaligerafi sentuhan budaya persiya
f.Zologi tokohnya adalah Abu Usman Amar Ibnu Bahar al jahis
g.Filsafat tokohnya adalah Alkindi, Alparobi ,Ibnu Sina
h.Sosisologi tokohnya adalah Abdurrahman Ibnu Khaldun
b).Pusat kajian
# Pusat kajian ilmu #
Awalnya,setelah itu pindah ke kuttab yang bersatu dengan mesjid,pada masa kebudayaan al-ma’dum didirikan ofsertratodium untuk mendalami ilmu astrologi,pada masanya juga didirikan baitul hikmah (pustaka).pada masa khalifah aziz dinasti fatimah mendirikan universitas al-azhar cairo.

#Study islam di dunia barat (kontak islam dengan barat)#
1- pada masa dinasti umayyah,ada pusat peradaban islam yaitu cardova,yang menjadi tempat untuk mentransformasi ilmu keerofa.
2- Pada masa dinasti abbasiah,terjadi gerakan mengadopsi ilmu pengetahuan dari dunia barat kedunia islam,sehingga kebudayaan islam itu perantara ilmu pengetahuan yunani kuno ke modrn.kemudian tejadi perang salib 200 tahun,disaat itulah banyak orang barat mempelajari islam.
Abad 16 sampai ke 19 terjadi penjajahan,pada tahun
1789 napoleon bonar farte,menguasai mesir.akhirnya satu persatu pusat islam di kuasai.ketika menguasai mesir ,napoleon bonar farte mengirim seorang astropolog untuk mempelajari bahasa arab,al-quran & hadist sehingga terjadi transformasi ilmu,budaya islam kedunia barat & dunia barat -kajian islam,tetapi keislam.sedangkan turkey hancur pada abad ke 17.selanjutnya muncul kajian untuk menghancurkan islam
SETUDI ISLSM di INDONESIA
A.Masa kelasik (7-15 M)
Islam masuk ke indonesia melalui kontak informasi yang meliputi perdagangan,perkawinan dan Tasauf yang paling berperan para pedagang Arab dari persia dengan india . Materinya adalah tentang kalimat –kalimat sahadat,rukun iman,dan rukun islam . Pada abad 13 sudah mulai ada pendidikan di langgar & pesanteren. Yang di ajarkan di langgar adalah : mengajarkan huruf Hijaiyah ,Membaca AL-Qur’an dan ilmu Fiqih dan juga ilmu teuhid dan akhlak sistem pengajarannya sorogan . Sudah ada tingkatan rendah dan tingkatan tinggi . Tingkatan rendah :belajar AL-Qur’an dan kasidah, berjanji ,Tajuid ,sholat
Di pesanteren pelajaran : Fuqih ,bahasa arab ,ilmu kalam dan tauhid
, sudah ada dua sistem :kolektip dan sorogan .
B.PRA KEMERDEKAAN (16-19 M)
Tiologi berdirilah madrasah yang didirikan SYEKH Abdul Ahmad di sumatra barat .tahun 1913 berdiri Madrasah dan Mendirikan sekolah HIS ,Sekolah guru ,SD 4 tahun dan madrasah . tahun 1913 berdiri Al israd di jakarta . yang mendirikan sekolah Awaliyah 3 Tahun, MI 4 tahun Taha tahasos 2 tahun ..1926 berdiri NU mendirikan SEKOLSH AWALIYAH 2 Tahun ,ibtidayah 3 tahun , Mts 3 tahun ,Mualimin husto 2 tahun dan Mualimin uliya 2 Tahun tahun 1952 setudi islam di indonesia mulai tingkat dasar sampai kmenengah di ragamkan yaitu , Mi 6 tahun ,Mts 3 tahun MA 3 tahun tahun 1951 di dirikan PT.AIN kemudiyan berubah STAIN 1962 ,

OBJEK KAJIAN SETUDI ISLAM
1. AL-Qur’an ,Ulumul AL –Qur’an ,Tafsir AL-Qyr’an
A. AL-Qur’an
pengerrian secara bahasa berasal dari kata Karoa ,Yakrua Kurana yang artinya bacaan , di baca berulang
Menurut istilah AL-Qur’an itu adalah karam Allah yang diturunkan kepada muhamad . Berisi kitab Allah berisi pedoman umat Islam.
Isinya 30 jus ,114 syurah,6232 ayat . dari segi turunannya ada 2 macam
1 Ayat Makiyah sebelum Hijriyah
2.Ayat Madaniyah sesudah Hijrah
Fubgsi : 1.Sebagai petunjuk 2. sebagai Mugjizad
Sejarah turunnya islam
AL-Qur’an dengan 3 cara : bisikan dari bilik tabir melalui melalui malaikat Jibril . Tiga cara di turunkan 1. Laupil mahput. 2.di turunkan di langit dunia secara sekaligus, 3. di turunkan kepada Muhamad secara berabgsur-angsur 23 Tahun Hikmah diturunkannya secara berabgsur-angsur
1.Menguatkan hati Nabi Muhamad dalam menerima Wahyu
2.Membina umat islam secara bertahab
kondipikasi/pengumpulan Al-Qur’an
Masa Rasulullah
AL-Qur’an di tulis di kelapak korma di kulit Binatang dan lain-lain secara tidak beratur.
Masa Usman bin Afan
Mulai di adakan penyempurnaan bacaan AL-Qur’an dan mengadakan pengadaannya dalam suatu mushab usmani
B .Ulumul AL-Qur’an
1.pengertian : Ilmu yang membahas tentang hal-hal yang berkaitan AL-Qur’an
Tujuan : Untuk mendalami AL-Qur’an sesuai dengan penjelasan Nabi dan Sahabatnya
C.Metode Penapsiran AL-Qur’an
Untuk mengetahui sarat-sarat dalam penafsiran AL-Qur’an
Cabang –cabangnya
a.Ilmu Asbabul Nuzul
b.Ilmu Ikjazun Qur’an bicara tentang mukjizad AL-Qur’an
c.Ilmu Nasih Wa Mnsuh membahas tentang yang menghapus ketentuan dalam Ayat AL-Qur’an yang lain .
C.TAPSIR AL-QUR’AN
1. pengertianilmu yang membicarakan tentang pengertian,penjelasan makna AL-Qur’an baru kemudian mengambil hukum
2.Macam Tafsir
a. Tapsir bil magsur adalah Tafsir dengan AL-Qur’an dan hadits
Contoh: Tafsir Ibnu Kasir
b.Tafsir bira yi dengan cara ijtihad yang dilakukan penafsir dengan ketentuan AL-Qur’an
c.Tafsir ISARIY Tafsir berdasarkan petunjuk halus dengan tujuan untuk mengungkap rahasia AL-Qur’an

HADITS NABI
A. Definisi dan istilah yang berkaitan
1.Definisi yaitu segala yang di sandarkan kepada Nabi SAW. Baik berupa Perkataan ,perbuatan ,Takrir
2.Istilah yang berkaitan
a.Sunah adalah segala yang di perintahkan, dilarang dan di anturkan Muhamad SAW.
b.Hadits Qudsi adalah sesuatu yang di beritakan Allah SAW kepada Nabi Muhamad SAW. Maknanya dari Allah sedangkan redaksinya dari Rasul SAW
B. Unsur-unsur dalam Hadits
1. isnad adalah mata rantai periwayatan yang mehubungkan dari penuis hadits sampai Nabi SAW
2. Matan adalah redaksi atau Teks
3.Rawi yaitu para periwayat hadits yang terdepan dalam hadits
C.Kedudukan Hadits
Sebagai sumber yang ke dua setelah AL-Qur’an
Fungsi hadits: Menjelaskan pengertian yang masih bersifat Umum, menguatkan AL-Qur’an dan menetapkan hukum baru
D.Sejarah Perkembangan Hadits
1.Pada masa Muhamad SAW
Dilarang menulis hadits
2.Pada Masa Sahabat
Boleh tapi hati-hati
3.Tabiit mulai penyebaran dan periwayatan
4.Abad ke 2 sudah mulai ada pembukuan hadisKhalifah Usman bin Abdul Aziz
5.Pada Masa Abad ke 3/H sudah ada penyaringan hadits secara kongkerit berdasarkan pengelompokan hadis ada pengelompokan hadits menjadi

Ditulis Kutubu sitah 6 buku yang sahih Bukhari Muslim dan yang Husnad Abu Daut ,Tarmiji ,Nasai ,Ibnu Majah

E. MACAM-MACAM HADITS
1) Dari segi banyaknya yang meriwayatkan hadits di bagi dua (2)
a.hadits mutawatir yang meriwayatkan banyak
b. Hadits ahad yang meriwayatkan 1 atau 2
2) Dari segi kualitasnya dibagi tiga (3) Sohih ,Hasan, Dhoif
a.sohih yaitu hadits yang di riwayatkan rowi yang adil dan sanadnya bersambung tidak putus
b.Hasan diriwayatkan rawi yang adil tetapi kurang kuat
c.Dhoif tidak memenuhi hadits sohih , dan hasan .hadits Maudl hadits palsu

ILMU FIQIH
A.Pengertian
Menurut bahasa piqhu yang berarti pengetahuan menurut istilah ilmu yang menerangkan tentang hukum-hukum syara yang bersifat amali yang di ambil dari dalil-dalil yang teperinci
B.Objek kajian Perbuatan Manusia (Mulallaf)
Yang terdiri dari :
1.yang berhubungan dengan Allah SAW
2. yang berhubungan dengan Manusia
contohnya :Fiqih Amalah
1.Fiqih Awalu Sahsiyah (AS)
2.
3.Mawarits
4.Jinayah
5.Siasat
C.Sumber Hukum Fiqih
AL-Qur’an dan AL-Hadits
dari ayat dan hadits yang mengandung hukum
D.Mazhab Dalam Fiqih
Yang di maksud mazhab adalah yaitu sekelompok /faham dalam fiqih yang berhubungan dengan penafsiran, pengamatan Hukum islam
Bahwa mazhab itu berasal dari pendapat peribadi yang kemudian di ikuti kelompok orang yang kemudian menjadi keyakinan kelompok
Hukumbermazhab : MUBAH (Boleh)
Bermazhab ada 2 macam :
1.Fiil Akwal /bagai sapi yang di seret (Taklik : Mengikuti tanpa pemahaman
2.Fiil Majhad : Mengikuyi ulama dengan mengetahui hadits mana yang di ambil arahnya iktibar /Mengikuti.
Mazhab yang Besar :
1.Hambali
2.Safii
3.Maliki
4.Hanafi :Turki, pakistan

Talfik: Mencampurkan dari berbagai mazhab

HUKUM ISLAM DI INDONESIA
1.Ini adalah salah satu yang di akui di indonesia
2.Mulai berlaku hukum indonesia sejak islam masuk di indonesia dan di peluk penganutnya
3.pada masa kolonial pemberi akuannya mengalami periode-periode ada 2;
a. di berlakukannya seliruhnya
b.di berlakukan sesuai hukum adat
4.Pemerintahan belanda mengakui hukum islam dengan cara membentuk pengadilan agama yang di pimpin oleh penghulu di bantu oleh ulama sebagai anggota
5.Kontensinya meliputi segala umat islam tapi sejak 1 april 1937 di kurangi tinggal masalah nikah dan cerai saja
6.Pada masa kemerdekaan
a. di akui sebagai sumber hukum per undang –undangan di indonesia debgan dasar pancasila sila pertama pasal 29 dan GBHN
b. Departeman agama 1946
c. Di positipkan dalam hukum tertulis seperti
1) UUD no 1 Tahun 74 tentang perkawinan
2) PP No 28 tahun 77 tentang perwakapan
3) UUD No 7 Tahun 1989 tentang peradilan-peradilan Agama
4) impres No 1 Tahun 1991 tentang kompelasi hukumislam
5) UU No 7 1992 tentang hukumperbangkan yang di dalamnya di akui perbankan Muamalah

Tidak ada komentar:

SMS Onlain Geratis

Syarat dan Kondisi menurut SMS ONLAIN GERATIS(http://sms-online.web.id) * Dilarang keras mengirim sms penipuan, asusila, atau segala bentuk aktifitas yang bertentangan dengan hukum positif di Indonesia. * Isi sms adalah diluar tanggung jawab penyelenggara sms-online.web.id * Penyelenggara sms-online.web.id tidak menjamin bahwa sms pasti sampai ke tujuan, namun status pengiriman dapat dilihat sendiri pada halaman INBOX & STATUS. * Penyelenggara sms-online.web.id berhak menghapus sms anda agar tidak terkirim tanpa harus menjelaskan alasannya.