Pencarian

TERANSLIT

Jumat, 26 Maret 2010

PENULISAN MAKALAH

PENULISAN MAKALAH

1.Pengertian makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiyah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatu perkuliahan. Makalah merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan s uatu perkuliahan.

2.Karteristik Makalah
Suatu makalah memiliki karateristik sebagai berikut:
a. Merupakan hasil kajian literature dan atau laporan pelaksanan suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatau perkuliahan.
b. Mendemonsterasikan pemahaman mahasiswa tentang permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yangberhubungan dengan perkuliahan.
c. Menunjukkan kemampuan terhadap isi dari berbagai sumber yang di gunakan.
d. Mendemonsterasikan kemampuan meramu berbagai sumber informasi dalam suatu kesatuan sintesis yang utuh.

3.Jenis Makalah
Ada dua jenis makalah yang berlaku di perguruan tinggi,makalah biasa(ordinary paper), dan kedua makalah posisi (position paper). Makalah biasa dibuat mahasiswa untuk menunjukan pemahamannya terhadap permasalahan yang di bahas. Dalam makalah ini secara diskeriptif, mahasiswa di perkenankan mengemukan berbegai aliran ataupandangan yang ada tentang masalah yang di kaji. Ia juga memberikan pendapat baik berupa keritik atau saranmengenai aliran atau pendapat yag di keukan. Tetapi dia tidak perlu memihak salah satu aliran atau pendapat tersebut. Dengan demikian dia tidak perlu berargumentasi mempertahan kan pendapat tersebuat. Makalah yang demikian di namakan makalah biasa (ordinary paper).
Mahasiswa dapat pula di minta membuat makalah untuk menunjukan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini mahasiswa diminta tidak saja menunjukan penguasaan pengatahuan tertentu tapi juga dipersaratkan untuk menunjukan di pihak man dia berdiri. Makalah ysng demikian di namakan makalah posisi (position paper).
Untuk dapat menbuat makalah posisi, mahasiswa harus membaca berbagai sumber dari berbagai aliran tentang topic yang dibahas. Dari bahasa tersebut mungkin saja mahasiswa tadi memihak salah satu aliran yang ada tapi mungkin pula dia membuat suatu sintesis dari berbagai pendapat yang ada. Jadi kemampuan analisis. Sintesis dan evaluasi merupakan kemampuan mutlak yang aharus dikuasai mahasiswa. Dengan kemampuan-kemampuan ini suatu makalh suatu makalah posisi dapat dihasilkan.

4.Jenis Makalah dan Jenjang Pendidikan
Mengingat kakteristik dan terutama tingkat komleksitasnya,makalah bias di persyaratkan sebagai tugas setiap jenjang pendidikan,artinya baik mahasiswa diploma,S1,S2 dan S3 dapat dikenakan tugasmembuat makalah. Untuk setiap dua sks mahasiswadi harapkandapat membuat satu makalah. Jadi mahasiswa yang mengambil bebean semester sebesar 20 – 22 sks di harapkan telah membuat 10 – 11 makalah.
Makalah posisi di wajibkan untuk tingkat pascaserjana. Pada tingkat di bawahnya diberikan secara terbatas yaitu pada tahun keempat program S1. Mahasiswa S1 cukup membuat satu makalah posisi untuk setiap semester. Dengan demikian, selama menjadi mahasiswa S1 mereka di harapkan membuat 2(dua) dan paling banyak 4 (empat) maklah posisi. Makalah posisi tersebut berhubung dengan mata kuliah pokok bidang setudi.
Sedang untuk tingkat pascasarjana makalah posisi ini diberikan lebih sering di bandingkan pendidikan jenjang pendidikan di bawahnya. Untuk mahasiswa S2 makalah posisi di haruskan bagi setiap mata kuliah Bidang Setudi(BS) setiap semester.
Untuk jenjang S3,makalah posisi sudah merupakan tugas dari setiap mata kuliah BS mahasiswa S3. Mahasiswa S3 harus mampu mendemonsterasikan posisinya dalam setiap mata kuliah yang di tempuhnya dan harus pula mempertanggung jawabkan posisi tersebut. Debgab demikian, untuk mahasiswa S3 minimal satu makalah posisi untuk setiap mata kuliah BS.

5.Sistematika Makalah
Baik makalah biasa maupun makalah posisi terdiri atas:
a.Pendahuluan
Di bagikan ini kemukkan persoalan yang akan di bahas (latar belakang masalah,masalah,prosedur pemecahan masalah dan sesetematika uraian).
b.Isi
Mendemonstersikan kemampuannya dalam menjawab masalah yang diajukan. Bagi isi ini boleh saja terdiri atas lebih satu bagian.
c.Kesimpulan
Bagian ini merupakan kesimpulan dan bukan ringksan isi. Kesimpulan adalah makna yang di berikan penulis terhadap hasil diskusi/uraian yang telah di lakukannya dalam bagian isi. Dalam mengambil kesimpulan tersebut penulis makalah tentu saja harus kembali kepermasalahan yang dijukan dalam bagian pendahuluan.

Daftar bacaan
Penulis:O.setiawan
Penerbit: ybama widya

Tidak ada komentar:

SMS Onlain Geratis

Syarat dan Kondisi menurut SMS ONLAIN GERATIS(http://sms-online.web.id) * Dilarang keras mengirim sms penipuan, asusila, atau segala bentuk aktifitas yang bertentangan dengan hukum positif di Indonesia. * Isi sms adalah diluar tanggung jawab penyelenggara sms-online.web.id * Penyelenggara sms-online.web.id tidak menjamin bahwa sms pasti sampai ke tujuan, namun status pengiriman dapat dilihat sendiri pada halaman INBOX & STATUS. * Penyelenggara sms-online.web.id berhak menghapus sms anda agar tidak terkirim tanpa harus menjelaskan alasannya.